Pages

Kamis, 02 Oktober 2014

Isu terhangat : Polusi Udara





Polusi udara adalah perubahan fisik, kimia, dan biologi karakteristik udara yang menyebabkan efek buruk pada manusia dan organisme lainnya. Hasil akhir adalah perubahan signifikan dalam lingkungan alam atau ekosistem. Zat – zat yang berkontribusi menyebabkan polusi udara disebut polutan udara. Polutan udara dapat berupa alami (misalnya kebakaran) atau sintesis (buatan manusia), dan terdapat dalam bentuk gas, cair, atau padat di atmosfer.
Penyebab polusi udara dapat terjadi akibat dari, yaitu:

1.      Kendaraan bermotor

Semua kendaraan bermotor yang memakai bensi dan solar akan mengeluarkan gas CO, Nitrogen Oksida, blerang dioksida dan partikel-partikel lain dan sisa pembakarannya. Unsur-unsur ini bila mencapai kuantum tertentu dapat merupakan racun bagi manusia atau hewan. Sebagai contoh gas CO merupakan racun bagi fugnsi-fungsi darah, SO2 dapat menimbulkan penyakit sistem pernapasan.

2.      Pabrik  - Pabrik industri

Bagi pabrik industri yang di antara bahan bakunya banyak menggunakan zat-zat kimia organik maupun anorganik. Sebagai hasi pengelolaannya selai menghasilkan produk-produk yang berguna bagi kepentingan hidup manusia juga dikeluarkan produk-produk yang tidak berguna malahan dapat berupa racun. Produk-produk yang tidak berguna ini jelas akan dibuang dan bisa merusak lingkungan, berupa gangguan pada kehidupan dan kelestarian lingkugan bila tanpa pengendalian.
Berbagai bentuk penyakit akan timbul pada masyarakat di sekitar pabrik atau pada pekerja sendiri akibat masuknya zat-zat buangan ini ke dalam tubuh. Misal dengan timbulnyaapa yang disebut penyakit Pneumokoniosis, yaitu segolongan penyakit yang disebabkan oleh penimbunan debu-debu dalam paru-paru.


Cara Mencegah 

ü         1. Meminimalkan penggunaan bahan bakar
ü         2. Menservis kendaraan secara teratur
ü         3. Menghemat energi
ü         4. Menggunakan energi alternatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar